Distan Banten 'Tebar' Benih Padi Gratis di Kabupaten Lebak

- 20 Oktober 2020, 17:28 WIB
KETUA Poktan Tani Sugih, Desa Bayah Timur, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak saat memberikan bantuan. /Galuh Malpiana /

KABAR BANTEN - Dinas pertanian (Distan) Banten menyalurkan bantuan benih padi varietas Ciherang bagi petani di Kabupaten Lebak, Selasa 20 Oktober 2020. Benih sebanyak 1,5 ton itu diserahkan kepada Kelompok tani (Poktan) di Desa Bayah Timur, Kecamatan Bayah.

Kepala desa (Kades) Bayah Timur, Agus Iyep Iswahyudi mengatakan, bantuan tersebut diberikan, karena Desa Bayah Timur memiliki area pertanian yang cukup luas dengan rincian area pesawahan seluas 25 hektare (Ha), dan area ladang seluas 35 Ha.

"Sebagian besar warga di sini mengandalkan pertanian untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Ada 50 Ha desa ini yang merupakan lahan pertanian," kata Agus Iyep, Selasa 20 Oktober 2020.

Baca Juga: Distanak dan FSPP Banten Kembangkan Demplot Ketahanan Pangan Keluarga Berbasis Majelis Taklim

Ia mengatakan, bantuan benih padi diprioritaskan untuk kelompok tani dari keluarga yang pra sejahtera. Dengan harapan, benih padi itu dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para petani. Sehingga, dapat meningatkan produksi pangan.

“Ada ratusan petani yang mendapat bantuan benih padi dari Pemprov Banten. Mudah-mudahan ini dapat menunjang hasil panen yang baik,” katanya.

Menurutnya, pandemi Covid-19 tidak hanya menjadi ujian kesehatan dan ekonomi. Namun berdampak pada masalah pangan keluarga. Ia harap, melalui bantuan benih itu dapat mendorong peran Poktan untuk memperkuat ketahanan pangan nasional, khususnya di Kecamatan Bayah.

“Kita tahu, pandemi Covid-19 tidak hanya menyerang pada sektor pertanian, tetapi juga berdampak pada ketahanan pangan," ucapnya.

Baca Juga: Distanbun Lebak Klaim Stok Pupuk Aman

Halaman:

Editor: Yandri Adiyanda


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X