2020, Ekonomi Banten Penuh Tantangan

- 18 Desember 2019, 07:30 WIB
Ekonomi Ilustrasi
Ekonomi Ilustrasi

SERANG, (KB).- Perekonomian Banten pada 2020 akan semakin menarik dan penuh tantangan. Bahkan pertumbuhannya akan kurang menggembirakan sebagai akibat dari pertumbuhan ekonomi global yang melambat.

Hal tersebut terungkap dalam acara Focus Group Discussion (FGD) bertajuk "Perekonomian Banten 2020 Antara Peluang dan Tantangan" yang diadakan oleh Fraksi PKS DPRD Banten, di GSG Sekretariat DPRD Banten, Kota Serang, Selasa (17/12/2019).

Hadir sebagai narasumber Kepala BPS Provinsi Banten Adhi Wiriana, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Banten Erwin Soeriadimadja, Kepala Bappeda Provinsi Banten Muhtarom. Dalam kesempatan tersebut juga hadir Ketua DPW PKS Banten Sanuji Pentamarta dan sejumlah Anggota DPRD Banten Fraksi PKS.

Kepala BPS Banten Adhi Wiriana mengatakan, kondisi perekonomian Banten pada 2020 akan berdampak pada berbagai sektor salah satunya dunia industri. Untuk mengantisipasinya, pemerintah dapat menciptakan pengusaha baru, salah satunya dari kalangan anak muda.

"Jangan diarahkan mahasiswa ataupun lulusan SMK dan SMA, untuk menjadi buruh. Tetapi bagaimana caranya mendidik mereka menjadi pengusaha-pengusaha baru," katanya.

Kepala Bappeda Banten Muhtarom mengatakan, Banten memiliki sejumlah potensi perekonomian yang dapat dikembangkan. Rinciannya, Kota Serang memiliki potensi perdagangan, jasa, dan perikanan tangkap.

Kota Cilegon memiliki potensi industri pengolahan dan energi. Kabupaten Lebak dan Pandeglang memiliki potensi pertanian, perkebunan, dan potensi pariwisata.

Kemudian Kota Tangerang Selatan memiliki potensi real estate dan industri makanan, minuman serta pakaian jadi. Kota Tangerang memiliki potensi industri pengolahan. Kabupaten Tangerang memiliki potensi industri pengolahan alas kaki, dan sektor energi.

Kabupaten Serang memiliki potensi industri pengolahan alas kaki, pariwisata, perikanan, dan sektor energi.

Halaman:

Editor: Kabar Banten


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x