14 Perusahaan Berlaku Curang, 1,2 Juta Benih Lobster Nyaris Lolos ke Vietnam

- 18 September 2020, 13:39 WIB
Ilustrasi Lobster /Ist

KABAR BANTEN-Berlaku curang, sebanyak 14 perusahaan eksportir benih lobster, hampir menyelundupkan 1.2 juta benih lobster ke Vietnam. Untungnya petugas Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Bandara Internasional Soekarno Hatta(Soetta) Tangerang, Banten berhasil menggagalkan perilaku culas belasan perusahaan tersebut dan menyelamatkan uang negara hampir Rp 1,2 miliar.

"Kejadiannya dua hari lalu, tepatnya pada Selasa malam, 15 September 2020. Dimana kami mendapatkan informasi dari asosiasi yang memang ada indikasi perbedaan jumlah lobster yang dilaporkan yang akan diekspor," ungkap Finari Manan, Kepala KPU Bea dan Cukai, Bandara Soetta, Jumat, 18 September 2020.

Baca Juga: HNSI Lebak Sambut Kebijakan Ekspor Lobster

Saat di cek, benih lobster yang akan diekspor itu sebenarnya sudah disiapkan untuk masuk ke dalam pesawat. Lalu, berkat kerjasama dengan Polres setempat serta balai karantina, didapati ada dugaan kecurangan data dan jumlah benih lobster yang akan diekspor.

"Ada 20 dokumen pemberitahuan ekspor barang dari 14 perusahaan. Kita tegah, totalnya itu ada 315 koli dengan jumlah yang tertulis itu ada 1,5 juta ekor benih lobster," beber Finari.

Kemudian oleh petugas dihitung ulang dengan cara tegah, pemeriksaan, pencacahan dan ternyata ada selisih jumlah ekor benih lobster yang mencapai 1,2 juta ekor benih lobster.

"Ternyata ada 2,7 juta lebih ekor benih lobster yang kita dapati. Sampai sekarang pun masih terus kita dalami dan pemeriksaan intensif," ungkap Finari.

Akhirnya, benih lobster yang harusnya diekspor ke Vietnam, langsung dibatalkan oleh Bea dan Cukai Bandara Soetta. Sementara benih lobster yang diamankan, masih mendapat perawatan Asosiasi Pengusaha Lobster Indonesia.

Baca Juga: Lanal Banten Gagalkan Penyelundupan 'Baby' Lobster Senilai Rp17,8 M

Halaman:

Editor: Yandri Adiyanda


Tags

Komentar

Terkini

X