Jus Buah Tak Selalu Baik untuk Kesehatan, Ini Dampak Buruknya

- 22 April 2024, 06:42 WIB
Ilustrasi Jus.
Ilustrasi Jus. /Pixabay/Joseph Mucira/

KABAR BANTEN - Kebanyakan orang menganggap jus buah memiliki manfaat bagi kesehatan.

Yup, jus buah memang punya banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, hal itu tidak sepenuhnya benar

Ada beberapa jus buah yang justru bisa berdampak negatif bagi kesehatan. Hal itu bergantung pada kandungan dalam buah tersebut.

Baca Juga: 5 Manfaat Konsumsi Jus ABC Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Bisa Jaga Kesehatan Rambut

Selain itu, seringkali jus buah dibuat dengan tambahan gula atau pemanis yang justru bisa mengurangi khasiat buah itu sendiri.

Ahli diet terdaftar klinis di NYC Health and Hospitals Bellevue, Amerika Serikat (AS), Jami Zimmerman mengatakan jus buah pada dasarnya mengandung air, gula, vitamin, dan mineral.

Oleh karena itu Zimmerman menekankan bahwa kandungan gula yang membuat jus menjadi minuman yang kurang sempurna, dan justru dapat menghilangkan kandungan serat buah.

"Membuat jus menghilangkan semua kandungan serat buah, yang membantu pengaturan gula darah dan rasa kenyang, yaitu perasaan kenyang setelah makan atau ngemil," ungkap Zimmerman seperti dilansir dari laman Huffpost.

"Kombinasi tanpa serat dan kandungan gula yang tinggi menjadikan minuman berkalori tinggi mudah dikonsumsi secara berlebihan dan dapat berkontribusi pada asupan kalori berlebih," kata dia menambahkan.

Dia juga mengungkapkan jika dikonsumsi sendiri, jus buah dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat, diikuti dengan penurunan yang dapat menyebabkan peningkatan rasa lapar dan kelelahan karena gula cepat diserap oleh tubuh.

Halaman:

Editor: Rifki Suharyadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah