Berada di Kepulauan Jawa Begini Penjelasan Masyarakat Jawa Barat Berbahasa Sunda bukan Jawa

28 Agustus 2021, 12:25 WIB
Suku Baduy, etnis sunda yang hidup berdampingan dengan alam di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak-Banten. /Tangkapan layar /Instagram @genpiindonesia

KABAR BANTEN - Apakah kamu pernah berpikiran kenapa masyarakat yang berada di Pulau Jawa bagian Barat, masih dalam lingkup kepulauan Jawa tapi menggunakan Bahasa Sunda bukan Bahasa Jawa.

Kebanyakan orang-orang Provinsi Jawa Barat tidak bisa Bahasa Jawa dan kebanyakan dari mereka juga enggan disebut orang Jawa.

Padahal sejatinya mereka tinggal dan menetap di pulau Jawa mengapa orang Jawa Barat tidak bisa Bahasa Sunda?

Dikutip kabarbanten.pikiran-rakyat.com dari berbagai sumber, Bahasa Sunda dituturkan oleh masyarakat yang berada di Pulau Jawa bagian Barat, terutama di Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: Uniknya Banten, Satu Wilayah dengan Tiga Bahasa Daerah

Selain di Jawa Barat, bahasa Sunda memiliki sebaran di beberapa wilayah Indonesia lainnya, misalnya di Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Lampung, Bengkulu, dan Sulawesi Utara.

Orang Jawa yang tinggal di Sebagian besar pulau Jawa berasal dari suku Jawa sedangkan orang-orang dari Jawa Barat tidak, mereka berasal dari etnis berbeda yakni suku Sunda.

Orang-orang Jawa Barat sudah sejak lama tinggal di wilayah barat pulau jawa yang dikenal sebagai Tatar Pasundan.

Bahasa Jawa dan Bahasa sunda masih satu rumpun Bahasa Melayu-Polinesia. Mesi demikian dari segi fonologi dan penuturan dan sistem penulisan keduanya jelas sangat berbeda.

Editor: Yandri Adiyanda

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Terkini

Terpopuler