1549852

Kisah Multatuli Sang Penulis Max Havelaar, Roman Satir Penuh Kritik

- 6 Mei 2024, 17:01 WIB
Museum Multatuli di Rangkasbitung Lebak
Museum Multatuli di Rangkasbitung Lebak /Kabar Banten/Purnama Irawan

KABAR BANTEN - Max Havelaar, Multatuli, dan Eduard Douwes Dekker adalah tiga nama yang saling berkaitan tetapi memiliki makna yang masing-masing berbeda.

Bagi sebagian orang, Max Havelaar mungkin lebih dikenal sebagai judul buku, sekaligus karakter sebuah novel karya seorang penulis Belanda bernama Multatuli.

Meskipun demikian, orang yang hanya mengetahui judul membaca ringkasan atau bahkan membaca Max Havelaar tanpa mencari tahu lebih lanjut soal latar belakang novel tersebut, mungkin tidak akan mengerti bahwa ada hubungan lebih dalam antara sang penulis dengan karakter ciptaannya itu.

Dan tidak ada keraguan bahwa Max Havelaar yang ditulis Multatuli sebagai sebuah fiksi, yaitu gambaran sebagian cerita hidupnya sendiri.

Dengan demikian tokoh Max Havelaar merupakan karakterisasi Multatuli di dalam novel.

Baca Juga: Menguak Sejarah Kejayaan Teluk Banten di Masa Kesultanan, Ibarat Gadis Cantik Diperebutkan Para Bujang

 

Seperti dikutip Kabar Banten dari kanal YouTube Mang Dhepi Channel, berikut kisah Multatuli sebagai penulis Max Havelaar yang termasyhur sampai saat ini.

Cerita-cerita yang dihadirkan dalam novel tersebut dapat dianggap sebagai pengalaman pribadi Multatuli yang telah diromantisasi dalam tindakan tertentu.

Halaman:

Editor: Maksuni Husen

Sumber: YouTube Mang Dhepi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah