173.329 Honorer Lulus Seleksi Pertama Guru PPPK, Cek Nama Anda di Link Berikut!

- 8 Oktober 2021, 17:36 WIB
Mendikbudristek, Nadiem Makarim saat memberikan sambutan pengumuman hasil ujian seleksi pertama Guru PPPK 2021.
Mendikbudristek, Nadiem Makarim saat memberikan sambutan pengumuman hasil ujian seleksi pertama Guru PPPK 2021. /Tangkapan layar YouTube Kemendikbud RI

KABAR BANTEN - Sebanyak 173.329 guru honorer lulus seleksi pertama Guru PPPK 2021 atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim pada pengumunan hasil ujian seleksi pertama Guru PPPK 2021.

"Rekrutmen guru honorer menjadi Guru PPPK 2021 ini, kita ingin memperjelas status kepegawaian mereka sebagai guru Aparatur Sipil Negera (ASN) PPPK, dan terutama untuk meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan guru," kata Nadiem dikutip kabarbanten.pikiran-rakyat.com dari video yang diunggah dikanal YouTube Kemendikbud RI, Jumat 8 Oktober 2021.

Baca Juga: Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Guru PPPK Tahap Satu, Berikut Jadwalnya

Nadiem mengatakan, rekrutmen guru ini merupakan upaya mengangkat derajat guru, karena profesi guru merupakan profesi yang mulia dan terhormat.

Menurut dia, sangat menyedihkan banyak guru-guru yang baik kemudian tingkat kompetensi yang bagus masih menerima gaji 200 ribu perbulan.

"Dengan status ASN, Guru PPPK bisa mengikuti program-program kompetensi sehingga untuk meningkatkan pengajaran yang diterima oleh pelajar-pelajar Indonesia," ujarnya.

Ia menjalaskan, pemerintah pusat telah menyediakan sebanyak 1.002.616 guru honorer untuk diangkat menjadi Guru PPPK 2021, namun formasi tersebut harus datang dari daerah dan daerah mengajukan formasi 506.252 dan hanya 322.655 yang mendapatkan pelamar di ujian pertama.

"Masih ada 163.587 formasi yang belum terpenuhi, yang belum terpenuhi ini dari daerah-daerah terpencil dimana masih belum cukup guru nya menjadi pelamar untuk bisa mengisi posisi tersebut," ucapnya.

Halaman:

Editor: Kasiridho

Sumber: YouTube Kemendikbud RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x