Bantu Modal UMKM, Pemkab Serang Siapkan Rp3-6 Miliar

- 12 Agustus 2020, 02:00 WIB
umkm /

KABAR BANTEN - Pemkab Serang akan memberikan bantuan permodalan untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang memiliki bisnis plan menjanjikan. Untuk rencana tersebut pemkab akan menyiapkan sekitar Rp 3 sampai Rp 6 miliar yang direncanakan mulai diberikan pada 2021.

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa mengatakan, pemberian bantuan untuk UMKM sebenarnya sudah tercantum dalam peraturan daerah (perda) Kabupaten Serang. Bahwa pelaku UMKM dapat diberikan bantuan permodalan.

"Total anggaran yang disiapkan Rp 3 sampai 6 miliar untuk tahun 2021 pilot project nya," ujarnya kepada Kabar Banten saat ditemui usai melakukan launching produk UMKM di Kecamatan Petir, Selasa 11 Agustus 2020.

Menurut Pandji, tahun depan pihaknya akan mulai mengalihkan perhatian pada bantuan permodalan untuk UMKM. Besaran bantuan yang nilainya Rp 30 sampai 100 juta per UMKM tersebut akan diberikan sesuai skala usaha masing masing.

"Oleh karena itu buatlah bisnis plan sebaik mungkin agar kita layak berikan bantuan modal," katanya.

Baca Juga : Kunjungi UMKM di Banten, DPD RI Pantau Kesiapan ’New Normal’

Pandji mengatakan, syarat untuk bisa mendapatkan bantuan berbentuk hibah tersebut hanya akan dilihat dari bisnis plan. Jika bisnis plan nya rasional dan menjanjikan maka akan dibantu.

"Kalau enggak jelas, enggak akan bisa. Makanya dari sekarang harus mulai bisnis itu dibuat perencanaan yang rasional dan proporsional sehingga apa yang direncanakan bisa diimplementasikan," ucapnya.

Disinggung soal pemasaran, Pandji menjelaskan, persoalan mendasar dari pengembangan UMKM yakni marketing. Melalui kerjasama dengan minimarket maka satu persoalan mendasar itu bisa terjawab. Berapa pun produk UMKM bisa ditampung karena toko minimarket bukan hanya di Serang.

Halaman:

Editor: Kasiridho


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X