Masuk Proses Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Status Tanggap Darurat Bencana tak Diperpanjang

- 15 Januari 2020, 08:00 WIB

SERANG, (KB).- Pemprov Banten tak memperpanjang status tanggap darurat atas bencana banjir di kabupaten/kota yang berakhir per tanggal 14 Januari 2020. Masa penanganan bencana selanjutnya, masuk masa transisi bencana, yang di dalamnya terdapat proses rehabilitasi dan rekonstruksi yang berlangsung kurang lebih selama dua bulan.

Diketahui, sebelumnya Gubernur Banten Wahidin Halim menetapkan status tanggap darurat untuk bencana banjir Kabupaten Lebak, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Status tanggap darurat tersebut berlaku selama 14 hari terhitung mulai 1 Januari 2020 hingga 14 Januari 2020.

Plt Kepala BPBD Banten E Kusmayadi menuturkan, alasan tak diperpanjangnya status tanggap darurat bencana oleh Pemprov Banten karena kondisi lokasi terdampak bencana sudah mulai mengalami perubahan.

"Bahwa penanganan bencana walaupun mungkin pengungsi tetap ada, tapi tidak dilanjut ke tahap ke perpanjangan, tidak," katanya, Selasa (14/1/2020).

Baca Juga : Gubernur Banten Tetapkan Tanggap Darurat Bencana

Selanjutnya tahapan penanganan bencana masuk masa transisi bencana. Di dalamnya terdapat proses rehabilitasi dan rekonstruksi daerah yang terdampak. Masa itu berlangsung kurang lebih selama dua bulan.

"Pada dasarnya sama aja dengan darurat, cuma mau purna, mau berakhirnya darurat penuh. Pemulihan masih dilakukan, kalau ada (korban) yang masih hilang tetap dicari. Kalau dalam ketentuan BNPB bisa dilakukan selama dua bulan," ujarnya.

Dia tak menampik sampai saat ini kondisi daerah terdampak bencana belum benar-benar pulih. Korban masih menghuni pengungsian dan tinggal di kampungnya yang secara geografis sulit diakses. Dia memastikan mereka akan tetap mendapatkan suplai logistik untuk kebutuhan makan.

"Bantuan untuk logistik pemulihan makanan itu tetap berjalan, termasuk juga perhatian untuk pemeriksaan kesehatan," ucapnya.

Disinggung apakah tim Search and Rescue (SAR) masih melakukan pencarian korban yang hilang, ia menampiknya. Sepengetahuannya tim SAR sudah tak lagi mencari korban hilang karena korban yang terdata meninggal sudah ditemukan.

Halaman:

Editor: Kabar Banten


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah